Jumat, 23 Maret 2018



Selamat datang, bertemu lagi bersama saya obatherbalnusantara.com - Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang perbandingan antara lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, Lemak jenuh adalah lemak yang sangat mengganggu untuk kesehatan, sedangkan untuk lemak tak jenuh, lemaknya dibutuhkan oleh tubuh dan sama sekali tidak mengakibatkan keluhan apapun untuk kesehatan.

Berikut ini adalah perbandingan antara lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, Ada diskusi konstan tentang lemak jenuh vs lemak tak jenuh, dan kesehatan Anda bergantung pada mengetahui perbedaan antara keduanya!

Banyak orang segera mengasosiasikan kata "gemuk" sebagai hal yang buruk, tetapi lemak sebenarnya merupakan bagian penting dari fungsi normal tubuh kita. Lemak hadir dalam membran setiap sel dalam tubuh dan sangat penting untuk aktivitas vitamin yang larut dalam lemak tertentu. Namun, jenis lemak yang Anda konsumsi membuat perbedaan yang sangat besar.

Lemak Jenuh vs Lemak Tak Jenuh

Ketika Anda mempertimbangkan lemak jenuh vs lemak tak jenuh, ada beberapa perbedaan yang sangat penting yang dicari oleh setiap orang untuk meningkatkan profil lipid mereka.

Definisi


1. Lemak jenuh: Ini adalah jenis lemak di mana semua molekulnya tidak memiliki ikatan ganda antara molekul karbon karena semua situs pengikatan potensinya "jenuh" dengan hidrogen.

2. Lemak tidak jenuh: Namun, jenis lemak ini dipecah menjadi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dan memiliki setidaknya satu ikatan ganda dalam struktur kimianya.

Sumber-sumber

 1. Lemak jenuh: Sebagian besar lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar, itulah sebabnya Anda akan menemukan lemak ini dalam mentega, daging merah, keju, dan susu murni. Biasanya ditemukan pada produk hewani. Sumber tanaman termasuk minyak kelapa dan minyak sawit.

2. Lemak tak jenuh: Biasanya ditemukan dalam bentuk cair pada suhu kamar, dan ditemukan dalam jumlah besar dalam minyak biji rami , jagung , bunga matahari , canola dan kedelai . Mereka ditemukan terutama di sumber tanaman dan makanan laut.

Mana Lebih Sehat?

1. Lemak jenuh: Lemak jenuh sering dianggap buruk bagi kesehatan. Ini membantu berkontribusi pada kadar kolesterol LDL, yang dianggap kolesterol "jahat" dan dapat menyebabkan aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular.

2. Lemak tidak jenuh: Lemak tidak jenuh dianggap lebih baik untuk kesehatan. Lemak tak jenuh dikenal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”). Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko Anda untuk tekanan darah tinggi. Lemak tak jenuh tunggal dianggap sebagai cara yang lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol daripada lemak tak jenuh ganda.

Kandungan Kalori

1. Lemak jenuh: Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 16 gram lemak jenuh per hari, yang mewakili sekitar 140 kalori dari total asupan Anda.

2. Lemak tidak jenuh: Para ahli merekomendasikan mengonsumsi antara 40 hingga 60 gram lemak tak jenuh per hari, sehingga harus mewakili sekitar 360-540 kalori dari asupan harian Anda.
(sumber: organic fact)


Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Nusantara

Penikmat Herbal

Manfaat Daging

Memeberikan Informasi tentang kesehatan dari bahan herbal dan manfaat herbal untuk mengobati dan menutrisi dalam kehidupan seharihari Anda

Popular Posts

Blog Archive