Selasa, 13 Maret 2018

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

Selamat datang, bertemu lagi bersama saya obatherbalnusantara.com - Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat lobak untuk kesehatan. Lobak adalah Lobak Merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Oke baik untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai manfaat lobak untuk kesehatan, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Lobak Hitam ?

Lobak hitam adalah berbagai lobak yang berasal dari Asia dan Eropa, yang secara ilmiah dikenal sebagai Raphanus sativus L. var. niger , dan memiliki eksterior ungu gelap atau hitam. Biasanya dikenal sebagai lobak Spanyol,  sayuran ini sedikit lebih besar dari lobak tradisional, dan rasanya lebih kuat, membuat resep lebih menonjol. Teksturnya cenderung sedikit lebih keras dari lobak normal, dan interiornya berwarna putih sejuk. Sementara sayuran ini tidak biasa ditemukan di setiap toko bahan makanan atau pasar, popularitasnya meningkat dalam beberapa dekade terakhir, karena profil nutrisi yang mengesankan dan manfaat kesehatan yang terkait.

Gizi Radish Hitam

Banyak nutrisi yang ditemukan dalam lobak hitam termasuk sejumlah besar serat makanan dan vitamin C, serta kadar besi, magnesium, kalium, dan vitamin penting lainnya, seperti vitamin B, A, dan E. Ada juga tingkat yang lebih rendah dari tembaga, selenium, seng, anthocyanin spesifik, antioksidan, enzim, dan hormon. Sayuran ini juga sangat rendah kalori, dengan hanya 10 kalori dalam porsi 3 ons.

Manfaat Lobak Hitam

Banyak manfaat kesehatan dari lobak hitam termasuk kemampuannya untuk memperbaiki fungsi hati, mengatur kadar hormon, mengendalikan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, memperbaiki pencernaan , mengobati sembelit dan kembung, mencegah penyakit kudis, meningkatkan kewaspadaan mental, mengurangi batu empedu , dan mendetoksifikasi tubuh, antara lain. Mari kita bahas beberapa dari mereka secara rinci di bawah ini.

Kesehatan Kulit

Dengan sifat detoksifikasi dan kadar vitamin B dan E yang tinggi, sayuran ini mampu melindungi kesehatan kulit Anda dari kondisi inflamasi, dan juga mencegah stres oksidatif, yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda yang tidak diinginkan.

Fungsi hati

Glutathione adalah salah satu antioksidan terpenting dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hati tidak menumpuk terlalu banyak racun. Namun, seiring bertambahnya usia dan kadar glutathione, makanan seperti lobak hitam, yang bisa meningkatkan kadar ini, menjadi lebih penting untuk perawatan kesehatan.

Sistem kekebalan

Jumlah vitamin C yang baik dalam sayuran ini berarti sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat, seperti juga produksi sel darah putih Anda , garis pertahanan pertama untuk tubuh melawan patogen, bakteri, dan racun yang tidak diinginkan.

Berat Badan

Sayuran ini sangat rendah kalori tapi relatif tinggi serat makanan, yang bisa membantu Anda merasa kenyang, tanpa menyumbang asupan kalori secara keseluruhan. Hal ini, pada gilirannya, akan menyebabkan penurunan berat badan dan tingkat metabolisme yang membaik.

Hipertiroidisme

Jika Anda menderita hipertiroidisme atau telah didiagnosis menderita penyakit Graves, menggunakan sayuran ini dalam masakan Anda dapat membantu mengatur kadar hormon dan meningkatkan kesehatan tiroid.

olesterol dan Tekanan Darah

Studi telah menemukan bahwa sayuran yang tidak biasa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah dalam rentang yang sehat, yang mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, antara lain.

Anti Kanker

Beberapa antioksidan dalam sayuran ini, seperti anthocyanin, dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas, yang dapat menurunkan risiko kanker dan kemungkinan penyakit kronis.

Efek Samping

Ada beberapa potensi efek samping dari mengkonsumsi terlalu banyak lobak hitam, karena ada potensi racun, yang disebut glucosinolate pada sayuran ini. Lobak ini adalah bagian dari keluarga kubis , yang semuanya mengandung jumlah jejak senyawa ini. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa mengganggu produksi hormon tiroid dan bisa menyebabkan terbentuknya gondok. Beberapa orang juga alergi terhadap sayuran akar ini, dan karenanya, sebaiknya hindarilah.

Sumber: Organic Fact

0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Nusantara

Penikmat Herbal

Manfaat Daging

Memeberikan Informasi tentang kesehatan dari bahan herbal dan manfaat herbal untuk mengobati dan menutrisi dalam kehidupan seharihari Anda

Popular Posts

Blog Archive